Friday, May 2, 2014

Drama Korea menjadi Sinetron Kau yang Berasal dari Bintang?Yay or Nay?

Beberapa hari belakangan ini jiwa dan raga gue terasa diguncang prahara!
Semua berawal dari keisengan gue menjepret-jepret remote tv di suatu sore yang cerah ceria, sampai sekonyong-konyong gue melihat sebuah teaser sinetron!
Ternyata Drama Korea paporit gue, yaitu You Who Come from the Stars dijiplak oleh salah satu PH kita dan akan dijadikan sinetron!
Seketika itu juga hati gue yang rapuh ini bagaikan dihantam gerobak batagor, kemudian terhenyak dan terhempas dalam kegelapan yang mencekam!
*iya, gue memang lebay!*
Sebenarnya dalam dunia per-drama-an, setahu gue sih mengadaptasi sebuah drama tertentu sah-sah saja, asalkan sesuai prosedur dan tentu saja, lisensinya pun harus jelas.
Contohnya saja, Drama korea Boys Before Flowers merupakan adaptasi dari Dorama Jepang yang berjudul Hana Yori Dango, dan sebelumnya pun diadaptasi oleh Taiwan dengan judul Meteor Garden.
Tinggal dipilih aja :)
Tinggal dipilih aja :)
Drama Korea To The Beautiful You pun sebenarnya merupakan adaptasi dari Dorama Jepang yang berjudul HanaKimi. Bahkan yang terbaru, Drama Korea Klasik nan abadi Full House diadaptasi oleh Thailand dengan judul yang sama. *yang mana menurut gue lebih seru versi Thailand nya!*
Drama dengan lisensi resmi yang menguntungkan semua pihak!
Drama dengan lisensi resmi yang menguntungkan semua pihak!
Dan denger2 dari gossip yang kurang dapat dipercaya, katanya Dorama Jepang Nodame Cantabille pun akan dibuatkan versi Korea nya! Duh, gak sabar pengen tahu siapakah gerangan yang akan menjadi Chiaki Senpai nya? Gyaboooo!!
Jadi pada dasarnya, adaptasi drama bisa saja terjadi selama melalui jalur yang benar dan penuh kemaslahatan sehingga kita-kita sebagai penikmat setia pun dapat menontonnya dengan penuh suka cita karena semuanya ada di koridor yang tepat, sesuai dengan versi originalnya. Kalaupun ada perubahan, biasanya terasa sangat halus dan tidak mengubah inti ceritanya.
Tapi untuk versi Indonesia ini, gue tidak sudi tega memakai kata adaptasi, dan merasa lebih cocok memakai kata plagiat. Dan gue curiga, ujung-ujungnya mereka bakal mengarang script sendiri yang seenaknya, sehingga kami2 para penikmat yang telah dengan sepenuh hati menonton versi originalnya menjadi sakit hati sendiri, karena para tokoh dan karakter kesayangan kami dimutilasi habis-habisan! *dalem bok!*
Ini sangat disayangkan.
Dan ketika gue mendengar berita tentang para pemeran untuk sinetron jiplakan ini, gue kok mendadak jadi pengen Istighfar yaaaah!
Astaghfirllah Hal Adzim…
Langsung Istighfar
Langsung Istighfar
Bagi yang pernah menonton drama Korea nya, tentu mengetahui bahwa tokoh Song Yi ini memiliki karakter yang sangat kuat.
Song Yi diceritakan adalah seorang artis terkenal yang arogan dan sangat narsis. Tipe artis yang sering nge twit hal2 gak penting yang kemudian kontroversial. Contohnya dia pernah nge twit konyol : kenapa garlic Pizza ini kok bau bawang putih yah? Duh, samar2 kok gue jadi inget ama artis Indo yang cetar dan pernah nge twit bahwa beliau abis jalan2 di SUN Fransisco…bhuahaha…
Tapi dibalik semua itu, dia memiliki hati yang lembut dan sedikit inferior, karena masa kecilnya yang sedikit suram. Ditinggal bokapnya dan akhirnya harus tunduk dibawah pengasuhan nyokapnya yang matre abis.
Dan sepanjang drama itu berlangsung, entah gimana caranya para penonton seakan2 dihipnotis dan disihir untuk jatuh cinta kepada sosok Song Yi ini. She is so loveable!
Sedangkan Nikita Willy itu kan…dia itu kan…mirip AQUA gallon, eh maksudnya, …duh ini kenapa gue mendadak jadi pengen ngebanting gas elpiji 15 kg yang ada di warungnya mama Ajeng sih!
*Kemudian Istighfar lagi…hihihi…*
Maksud gue adalah, Nikita Willy ini sepertinya kurang representative untuk bisa menggambarkan karakter Song Yi yang begitu kuat dan penuh kontradiksi *sok diplomatis*
Mampukah dia berperan sebagai artis yang menyebalkan sekaligus memikat seperti layaknya Jun Ji Hyun memerankan Song Yi?
Sampai sejauh ini sih, dia hanya berhasil berperan sebagai artis yang menyebalkan doang yah…
*tertawa getir*
Sekarang marilah kita bicara tentang First Lead Male nya…
Ya Tuhanku!
Ya Tuhanku!
DEMI SEMUA LONDRI KILOAN YANG ADA DI MUKA BUMI INI!!
Ijinkanlah gue untuk mengelaborasikan karakter seorang Do Min Joon.
Do Min Joon ini adalah seorang alien sakti mandraguna yang terjebak di bumi selama 400 tahun. Dan selama tinggal di bumi dia berusaha untuk menjaga jarak dan tidak mau membuat ikatan apa pun dengan mahluk bumi.
Dan ketika 3 bulan lagi dia mau balik ke kampung halamannya, numpang pake komet *semacam angkot yah* tiba-tiba aja..BAM..dia naksir cewek!
Karena udah hidup selama 400 tahun, Do Min Joon ini memiliki emosi yang berlapis-lapis. Layer of layer kayak bawang bombay. Dan emosi itu harus dikupas satu persatu dengan penuh seksama supaya kita bisa memahami esensi nya. *SEDAP!!*
Sedangkan Morgan ini setahu gue, dia hanya memiliki SATU EKSPRESI saja….DATAR!
Gue hanya pernah menonton satu sinetronnya doang, Cinta Cenat Cenut, dan ekspresinya selalu sama…DATAR!
Ketika kesel karena ceweknya digebet sama Raphael…DATAR…
Ketika akhirnya dikeluarkan secara tidak hormat dari geng anak-anak borju itu…DATAR..
Dan kalo seandainya dia lagi asyik makan mie ayam di depan Mesjid Cipaganti itu, kemudian pangsitnya gue embat dengan semena-mena, gue yakin ekspresinya akan tetep sama…DATAR…
Duh, Morgan apakah lo punya kepercayaan diri untuk bisa mengeluarkan ekspresi seperti ini ketika lo harus ninggalin gebetan lo untuk balik kampong ke planet lo ituh?
You Cry, I Cry! Epic Scene!
You Cry, I Cry! Epic Scene!
Gue tanya sekali lagi deh!
Lo sanggup gak menggerakkan hati para penonton dengan cara mengeluarkan ekspresi kayak gitu?
Sanggup gak lo??
Jawab dong!!
Morgan pun hanya bisa diam membisu dengan ekspresi muka yang…DATAR…
*AKU MAU BANTING TERMOS!*
Entah mengapa, hati ini merasa skeptis dengan pemilihan castingnya. Dimanakah hati ini harus kuletakkan kalau begini caranya?
Benarkah ada lisensi?
Walaupun tulisan ini murni merupakan pendapat pribadi gue, dan ada di blog pribadi juga, tapi pada hakekatnya, sebagai seorang blogger yang baik, tentu saja gue pun harus sanggup mempertanggung jawabkan tulisan gue kan yah?
Jadi walaupun gue hanya seorang blogger dan bukan wartawan, gue pun berusaha untuk melakukan cross check. Maka gue pun browsing untuk mencari berita yang dapat dipercaya mengenai lisensi sinetron ini, dan kemudian kesandung berita sebagai berikut.
Bombastis sekali judulnya!
Bombastis sekali judulnya!
Menurut lo ada yang sedikit ganjil gak sih sama headline di media online ini?
Sepertinya sedikit aneh apabila pihak yang berani menjamin bahwa sinetron ini bukan plagiat adalah dari pihak Fanbase, dan bukan dari PH ataupun stasiun TV nya. Apakah memang fanbase memiliki otoritas sebesar itu untuk memberikan jaminan?
Dan yang lebih aneh lagi adalah, pihak Nikita Willy me-retweet statement ini dari fanbase nya. INI BUKANNYA KEBALIK? Setahu gue sih biasanya, pihak fanbase yang justru me-retweet statement dari artisnya.
Gue punya beberapa temen yang ber profesi sebagai admin Fanbase, dan setahu gue sih, setiap kali mereka menyebarkan /mentwit berita tertentu, selalu ada sumber resminya. Dan ini udah gue ubek-ubek di google, masih belum ketemu sih, pihak fanbase ini dapat beritanya dari mana.
Maka gue pun menelusuri kembali statement dari Fanbase yang menurut media online itu di retweet oleh Nikita Willy.
ehm?
ehm?
Dan ternyata kalo menurut gue sih gak ada twit yang sifatnya pernyataan bahwa sinetron ini ada lisensi resminya sih. Apakah ini hanya media play belaka *udah kayak YG aja hobinya media play*
Untuk hal ini, gue serahkan kembali saja deh sama yang baca untuk menyimpulkan sendiri yah!
Tapi, andaikan saja pihak PH ataupun stasiun TV memang benar sanggup menghargai hasil karya orang lain dengan cara menempuh jalur yang semestinya dalam mengadaptasi sebuah drama dengan cara mendapatkan lisensinya, maka gue pun akan menghargai itikad baik dari mereka *walopun tetep gak bakal ditonton juga sih sinetron nya*
Yang membuat hati ini terluka..
Dan sebenernya yang membuat hati ini semakin terluka dan terhina adalah, aslinya drama ini merupakan karya yang padat dan solid dengan 21 episode saja, yang mana setiap adegannya sangatlah berarti bagi kami para pecinta drama ini.
Tapi yang gue khawatirkan adalah kalau sudah bertransformasi menjadi sinetron, maka bukanlah tidak mungkin akan berkembang biak menjadi sekian puluh episode. Dan mungkin nasibnya akan serupa dengan Tersanjung 1,2,3,4,5,6 dst ataupun Cinta Fitri 1,2,3,4,5,dst.
Hanya sekedar demi rating dan materi semata, sinetron ini kemungkinan akan diproduksi teruuuus,,,dan teruuuus …dan teruuuuus…
SAMPAI DAJJAL TURUN KE MUKA BUMI INI!!!
SAMPAI TEROMPET SANGKAKALA BERKUMANDANG DI KEJAUHAN!!!
SAMPAI SELURUH PERADABAN DI SEMESTA INI MUSNAH!!!
…dan drama ini pun masih akan tetap diproduksi…
*ini cara matiin capslock gimana sih?*
* maap sayah jadi emosi*
*kemudian Istighfar kembali*
Duh, bagaimana dong inih, padahal kan gue memiliki keinginan mulia untuk menjadi Ahli Surga, tapi baru keluar teaser nya aja sudah keluarlah postingan penuh cerca seperti inih.
Ini gimana kalo sinetron nya udah tayang yah??
Apabila saat itu tiba, hanya doa sajalah yang bisa terucap lirih dari gue, ..
Kumohon hindarkan hambamu ini dari api neraka ya Allah.
Amin.

Copas from http://erryandriyati.blogdetik.com/2014/04/21/drama-korea-menjadi-sinetron-kau-yang-berasal-dari-bintangyay-or-nay/

No comments:

Post a Comment